"Data File Yang Dihapus Pada Memori HP dan Hardisk Komputer Dapat Dikembalikan"

Posted by Dave Ray's  |  at  3:43 PM No comments

Akhir-akhir ini Kasus Video mirip Ariel, Luna Maya dan Cut Tari sedang gencar2nya ditayangkan diberbagai media. herannya mereka seakan dituduh sebagai perusak moral bangsa, padahal yang mesti diperhatikan adalah info media yang selalu gencar memuat berita tersebut. juga orang2 yang meng'uploadkan file video ini ke internet. karena media informasi seakan pedang bermata dua, yang bisa membantu sekaligus merusak moral bangsa.


Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi kalau para kita mengerti teknik dari penggunaan teknologi sekarang ini. Sudah banyak terjadi kasus setelah ponsel dijual ujung2nya malah menjadi malapetaka gara2 foto pribadi yang belum dihapus atau video 3gp pribadi, padahal hanya untuk koleksi pribadi dan cenderung kepada privacy, tersebut belum dihapus. Maka ber'hati2lah sebelum menjual ponsel. begitu pula pada saat anda menjual atau men'servis komputer atau laptop.

Seperti halnya dalam komputer, data di handphone yang sudah dihapus ternyata bisa dimunculkan kembali lagi. Tidak hanya file yang dihapus kemarin sore, data yang dihapus satu tahun lalu pun bisa ditarik kembali, dengan bantuan aplikasi recovery. Bagi yang terbiasa menyimpan data pribadi pada ponsel seperti nomor rekening bank,catatan pribadi,password email, smpai foto pribadi sebaiknya lebih ber'hati2. Coba bayangkan jika data2 tersebut dieksploitasi orang lain.

Solusinya antara lain dengan menghindari gonta-ganti memori eksternal. Meski anda sering berganti ponsel usahakan memori eksternal tidak ikut serta merta diganti juga. Jika mempunyai rencana menjual ponsel berikut memori eksternalnya ada baiknya anda memformat memori ekternal tersebut dengan menggunakan metode "full format" melalui PC.

sedangkan untuk pengguna laptop atau PC, biasakan anda menggunakan pasword user dan mengaktifkan privasi document. (Share and Security document) agar file2 pribadi anda tidak dapat dibuka oleh orang lain. sedangkan saat menghapus file penting, usahakan menggunakan fitur "shred file". caranya dengan meng'klik kanan file yang akan dihapus.

kenapa demikian? karena pada saat anda men'delete data, data tersebut tidak benar2 dihapus, melainkan cuma ditandai kalo data itu tidak dipakai lagi. secara teknis, data tersebut dapat dikembalikan/ditarik lagi. malah sekarang ini sudah banyak tersedia program applikasi yang bisa digunakan untuk hal tersebut.

demikian catatan saya kali ini, semoga bisa membantu...

About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

back to top