APA ITU SYSTEM "KEPINTARAN BUATAN" (Artificial Intelligence)

Posted by Dave Ray's  |  at  11:49 PM No comments

KEPINTARAN BUATAN (AI)
KEPINTARAN BUATAN atau AI (Artificial Intelligence) adalah teknologi sains yang merupakan gabungan dari berbagai displin ilmu seperti teknik komputer, psikologi, bahasa program, matematika, fisika dan sebagainya Tujuan utama mewujudkan AI adalah untuk membangunkan sistem komputer yang dapat berfikir, mendengar, melihat, berjalan, menyentuh dan merasa. Ringkasnya AI adalah satu usaha untuk memindahkan ciri-ciri pemikiran manusia kedalam bentuk mesin yang mampu menemukan, menganalisa dan menyelesaikan masalah.

SEJARAH UMUM TENTANG KEPINTARAN BUATAN
John McCarthy, seorang ahli akademik dari MIT adalah orang yang mula-mula menggunakan istilah AI ini pada tahun 1956. Beliau juga merupakan orang yang pertama kali membangunkan sytem kepintaran buatan. Beberapa ilmuan yang turut menjadi pelopor dalam bidang AI ini ialah; Frank Rosenblatt dari Cornell University, Allen Newell dari Carnegie Mellon University, Edward Feigenbaum dari Stanford Univerity dan Alan Turing dari Manchester.
system pengujian suatu kepintaran buatan yang paling terkenal dibuat oleh Alan Turing pada tahun 1950. system ini dikenal dengan nama Turing Test. Alan Turing seorang berkebangsaan Inggris adalah pakar dalam bidang matematik.

CIRI-CIRI SYSTEM KEPINTARAN
Sesuatu mesin atau komputer yang telah diprogram akan dikatakan pintar jika mampu dan dapat berfungsi seperti ;
  • Dapat memberi respon atau jawaban dan mampu menciptakan suatu kondisi yang baru.
  • Mengenal elemen-elemen penting dalam suatu kondisi.
  • Kreatif dan mampu berimajinasi.
  • Dapat menjalankan sesuatu yang sudah diprogramkan.
  • Melakukan proses berpikir dan mengajukan alasan (reasoning).
  • Menggunakan konsep alasan untuk menyelesaikan masalah.
  • Memahami dan belajar berdasarkan pengalaman system.
  • Mampu memperbaiki suatu system perintah (syntax) yang salah atau tidak lengkap.
  • Dapat menyelesaikan suatu masalah yang kompleks.


APLIKASI UTAMA KEPINTARAN BUATAN
Aplikasi utama teknologi ini dibagi 3 bagian, yaitu ;
1. ROBOTIK
Teknologi AI yang digunakan dalam aplikasi ini hanya ditujukan kepada robot agar dapat melakukan tindakan yang sama seperti manusia, misalnya pergerakan secara fisik seperti yang telah dipamerkan oleh robot ASIMO buatan Jepang. Dengan memasukkan AI, robot tersebut berkemampuan untuk melakukan perubahan wajah dan berjalan, mambalas sapaan, menggunakan tangan dan kaki.
Robot lainnya yang digunakan dalam beberapa industri maju juga menggunakan teknologi AI, dimana berkemampuan memilih dan menolak (reject) produk yang rusak atau tidak memenuhi standar produksi.
2. SAINS GABUNGAN
Aplikasi ini lebih menjurus kepada gabungan biologi, psikologi, matematik dan neurologi. Dalam aplikasi ini, teknologi AI digunakan untuk membangunkan satu system pemikiran yang sama seperti manusia, yakni cara berfikir dan belajar.
Contoh aplikasi yang telah digunakan dalam bidang ini seperti sistem cerdas, sistem ilmu pengetahuan, mesin pencari, rangkaian logika dan fuzzy logic. Rangkaian logika banyak digunakan dalam pembangunan WWW (world wide web) terutama dalam proses pencarian, manakala mesin pencari digunakan dalam sistem cerdas (smart systems). Fuzzy Logic digunakan untuk memproses data-data yang tidak lengkap yang dikenal sebagai data fuzzy (data tidak terlihat).
3. RESPONS SYSTEM
Respon System merujuk kepada cara manusia mendengar, berbicara dan melihat. Bidang pengajian yang terlibat dalam aplikasi ini seperti bahasa, psikologi, teknologi komputer dan teknologi multimedia.
Sebagai contoh; Mesin System Translate yang dapat menterjemahkan bahasa, pengucapan dengan suara dan teks dimana suara bisa diubah menjadi bentuk teks atau sebaliknya. Aplikasi seperti ini yang paling populer di dunia maya adalah Google Translator.

semoga bermanfaat

Tagged as:

About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

back to top